Blog

10 Cara Meningkatkan Performa Supply Chain Dengan "Big Data"

by Administrator 16/07/2018 In Logistics & Transportation

Apakah lebih banyak selalu lebih baik? Berbicara tentang supply chain dan data yang besar, lebih banyak data tidak selalu berarti produktivitas yang lebih baik. Bagaimana anda memanfaatkan arus data adalah kuncinya. Gunakan tips-tips dibawah ini untuk memanfaatkan jumlah data besar demi meningkatkan performa supply chain.

 

1. MENGHILANGKAN SILO

Dengan banyak divisi dan anak perusahaan, menyalurkan data-data penting kedalam satu sistem bisa menjadi sulit. Namun, kemampuan untuk memotong jalan dalam satu perusahaan tersebut dan membuat sarana untuk melihat data secara keseluruhan sangatlah penting. Jika tidak demikian, maka anda mengerjakannya secara terpisah.

 

2. PERTIMBANGKAN DATA YANG DIBUTUHKAN DARI PENYEDIA LAYANAN DAN VENDOR

Ciptakan strategi data yang berfungsi dalam lingkungan dimana beberapa fungsi dilaksanakan secara in-house dan lainnya melalui pihak ketiga.  Fasilitas dengan beberapa penyedia layanan akan menemui masalah dalam menyatukan semua informasi ini.

 

3. KETELITIAN PROSES

Anda dapat memiliki semua sistem terbaik di dunia, tetapi jika tidak ada ketelitian proses, anda tidak akan mendapatkan data yang tepat untuk digunakan. Proses pemenuhan yang kuat memungkinkan agar data dapat berarti dan tepat. Pelaksanaan proses sehari hari secara rutin di lokasi yang berbeda memberikan konsistensi dan kebenaran pada data tersebut.

 

4. PERTIMBANGKAN PERUSAHAAN LOGISTIK PIHAK KETIGA (3PL)

3PL melihat gambaran besar dan dapat menemukan kesempatan untuk memotong melalui jaringan yang berbeda demi memberikan kesempatan bagi semua.

 

5. INFORMASI TEPAT WAKTU

Melalui data yang besar, sekarang kita membangun alat yang dapat mengganggu beberapa fungsi analis tradisional, yang sudah eksis selama beberapa decade. Dimana biasanya analis membutuhkan berminggu minggu, bahkan berbulan bulan untuk mengolah data, sekarang kita dapat menggunakan data dan bermacam macam software untuk memberikan kita informasi yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan dalam hitungan menit.


6. DASAR-DASAR DARI ANALISA DESKRIPTIF UNTUK MENGUKUR APA YANG DAPAT DIPREDIKSI/ DITENTUKAN

Semua orang berusaha untuk berubah dari melaporkan berita ke memprediksi berita.

 

7. BIAYA

Perusahaan-perusahaan yang pintar memanfaatkan data yang besar dapat menemukan jalan untuk mencapai tujuan perusahaannya bersamaan dengan memperhatikan biaya yang mereka keluarkan.

 

8. KOMPATIBILITAS

Kemampuan untuk mengukur kesesuaian dengan partner dangang seperti transporter dan supplier didalam supply chain adalah hal yang vital. Sistem kartu skor dan manajemen kinerja untuk semua supplier anda dapat menjadi hal yang berguna. Anda dapat mengidentifikasi partner yang ketidakefisienan prosesnya dapat menghamburkan uang anda dan partner anda.

 

9. BIAYA YANG DIBUTUHKAN

Hal ini adalah pembicaraan yang menonjol dan juga salah satu tujuan bisnis. Rincinya pengukuran dalam supply chain dapat dipenuhi dengan data besar, serta dapat membantu perusahaan untuk memahami vendor dan atau customer mana yang paling membutuhkan biaya. Strategi data besar yang efektif dapat membantu anda bekerja bersama partner supply chain untuk menghilangkan biaya yang tidak diperlukan dari dalam sistem. Perusahan sudah semakin dapat menyertakan pengalaman dan data besar kedalam sistem harga mereka.

 

10. MEMAHAMI “BAGAIMANA JIKA”

Dengan data yang berkualitas, anda dapat melakukan skenario “bagaimana jika” dan mempelajari jaringan untuk melihat apakah sebuah rencana perubahan akan menimbulkan hasil spesifik, dimana hal ini dapat mengidentifikasi ketidakefisienan, menunjukkan peningkatan yang dapat dilakukan, menghilangkan pemborosan, serta memperkecil biaya.

 

Share :
Subscribe to the Mospaze Blog

Get new posts delivered to your inbox

Follow Us On

Search In blog :